Minggu, 01 November 2015

Arti Lambang PASKIBRA

Assalamualikum WR. WB
Oke teman2, sekarang kita bahas tentang arti lambang PASKIBRA ya, seperti yang kita ketahui ya, lambang dari PASKIBRA adalah bunga teratai putih, disini ada yg tau ga knapa PASKIBRA itu pakai lambang bunga teratai putih.?
Dalam perkembangan PASKIBRAKA tidak hanya sebatas pengibaran dihari proklamasi, tetapi lebih ke pembinaan nasionalisme dan budi pekerti. karena itulah lambang dari PASKIBRA adalah bunga teratai putih. Bunga teratai putih karena dianggap suci, hidup ditengah-tengah danau atau telaga sehingga tidak bisa dijamah, artinya Paskibra hidup di sekolah di tengah lingkungan pendidikan. Bunga akarnya tertancap didalam tanah sedangkan hidupnya di air, jadi diibaratkan sebagai tanah air, jadi bunga teratai juga dapat diartikan sebagai generasi muda yang ingin berkembang untuk tanah airnya.

Keterangan dari lambang PASKIBRA:
-Tiga helai daun yang tumbuh ke atas: artinya paskibra harus belajar, bekerja, dan berbakti

-Tiga helai daun yang tumbuh mendatar/samping: artinya seorang paskibra harus aktif, disiplin, dan bergembira

-16 Pasang mata rantai: Artinya yang menunjukan 16 arah mata angin yang berarti bahwa anggota paskibra berasal dari seluruh pelosok tanah air yang bejumlah 16 putra dan 16 orang putri (lambang belah ketupat adalah putra dan lingkaran adalah putri)

Oke itu mungkin yang dapat saya kasih pada materi kali ini, jika ada yang ditanyakan silahkan bertnya pada  klom komentar.!!


Source: Buku BINLAT

1 komentar:

  1. Bangga di tahun 1990-1991 bisa terpilih sebagai pasukan pengibar bendera (pasukan 17) di kota Ternate. "MERDEKA"!!!

    BalasHapus